• DEFINISI DAN HUKUM PACARAN

    Istilah pacaran itu sebenarnya bukan bahasa hukum, karena pengertian dan batasannya tidak sama buat setiap orang. Dan sangat mungkin berbeda dalam setiap budaya. Karena itu kami tidak akan menggunakan istilah `pacaran` dalam masalah ini, agar tidak salah konotasi. Pacaran dapat diartikan bermacam-macam, tetapi intinya adalah jalinan cinta antara seorang remaja dengan lawan jenisnya. Praktik pacaran juga bermacam-macam, ada yang sekedar berkirim surat,telepon, menjemput, mengantar atau menemani pergi ke suatu tempat,apel, sampai ada yang layaknya pasangan suami istri....

  • RENUNGKANLAH

    UMURMU UNTUK APA KAU HABISKAN??

    MASA MUDAMU UNTUK APA KAU GUNAKAN??

    HARTAMU DARIMANA KAMU PEROLEH DAN UNTUK APA KAU BELANJAKAN??

    AMALAN APA YANG TELAH KAU LAKUKAN SESUAI DENGAN APA YANG TELAH DIKETAHUINYA??

  • Motivasi Jangan Mengeluh

    Kenapa harus aku yang menanggung musibah ini? Kenapa hidupku sesuram ini? Berat sekali beban hidupku. Aku tak bisa melakukan ini, Aku tak kuat. Itulah pertanyaan dan pernyataan yang sering dikeluhkan oleh manusia selama hidup di dunia ini.

  • SAY NO TO BAD MOOD

    Tahukah anda apa MOOD itu? Mood sendiri berasal dari kata mōd yang disadur dari bahasa Inggris kuno yang berarti keberanian dalam militer tapi bisa juga diartikan sebagai tempramen, humor, dan perasaan dan berpengaruh terhadap motivasi kita dalam melakukan sesuatu, Kog Bisa BAD MOOD? Hal termudah yang bisa kita ambil sebagai contoh adalah, misal keinginan kita tidak terpenuhi, sebagian atau sama sekali Selain itu terlalu banyak berpikir juga akan membuat gelombang otak terpecut untuk memikirkan hal-hal dalam konteks minimal (singkatnya pesimis ). Dan faktor lain yang bisa berpengaruh adalah kekuatan mental kita.....

"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularitas blog anda secara cepat dan tak terbatas...?... Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! Klik disini-1 dan disini-2"

DEFINISI DAN HUKUM PACARAN

 Istilah pacaran itu sebenarnya bukan bahasa hukum, karena pengertian dan batasannya tidak sama buat setiap orang. Dan sangat mungkin berbeda dalam setiap budaya. Karena itu kami tidak akan menggunakan istilah `pacaran` dalam masalah ini, agar tidak salah konotasi.




Pacaran dapat diartikan bermacam-macam, tetapi intinya adalah jalinan cinta antara seorang remaja dengan lawan jenisnya. Praktik pacaran juga bermacam-macam, ada yang sekedar berkirim surat,telepon, menjemput, mengantar atau menemani pergi ke suatu tempat,apel, sampai ada yang layaknya pasangan suami istri.

Di kalangan remaja sekarang ini, pacaran menjadi identitas yang sangat dibanggakan. Biasanya seorang remaja akan bangga dan percaya diri jika sudah memiliki pacar. Sebaliknya remaja yang belum memiliki pacar dianggap kurang gaul. Karena itu, mencari pacar di kalangan remaja tidak saja menjadi kebutuhan biologis tetapi juga
menjadi kebutuhan sosiologis. Maka tidak heran, kalau sekarang mayoritas remaja sudah memiliki teman spesial yang disebut "pacar".

Lalu bagaimana pacaran dalam pandangan Islam???

Istilah pacaran sebenarnya tidak dikenal dalam Islam. Untuk istilah hubungan percintaan antara laki-laki dan perempuan pranikah, Islam mengenalkan istilah "khitbah (meminang". Ketika seorang laki-laki menyukai seorang perempuan, maka ia harus mengkhitbahnya dengan maksud akan menikahinya pada waktu dekat. Selama masa khitbah, keduanya harus menjaga agar jangan sampai melanggar aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Islam, seperti berduaan, memperbincangkan aurat, menyentuh, mencium, memandang dengan nafsu, dan melakukan selayaknya suami istri.

Ada perbedaan yang mencolok antara pacaran dengan khitbah. Pacaran tidak berkaitan dengan perencanaan pernikahan, sedangkan khitbah merupakan tahapan untuk menuju pernikahan. Persamaan keduanya merupakan hubungan percintaan antara dua insan berlainan jenis yang tidak dalam ikatan perkawinan.
Dari sisi persamaannya, sebenarnya hampir tidak ada perbedaan antara pacaran dan khitbah. Keduanya akan terkait dengan bagaimana orang mempraktikkannya. Jika selama masa khitbah, pergaulan antara laki-laki dan perempuan melanggar batas-batas yang telah ditentukan Islam, maka itu pun haram. Demikian juga pacaran, jika orang dalam berpacarannya melakukan hal-hal yang dilarang oleh Islam, maka hal itu haram.

Jika seseorang menyatakan cinta pada lawan jenisnya yang tidak dimaksudkan untuk menikahinya saat itu atau dalam waktu dekat, apakah hukumnya haram? Tentu tidak, karena rasa cinta adalah fitrah yang diberikan allah, sebagaimana dalam firman-Nya berikut:

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. (QS. Ar-Rum: 21)

Allah telah menjadikan rasa cinta dalam diri manusia baik pada laki-laki maupun perempuan. Dengan adanya rasa cinta, manusia bisa hidup berpasang-pasangan. Adanya pernikahan tentu harus didahului rasa cinta. Seandainya tidak ada cinta, pasti tidak ada orang yang mau membangun rumah tangga. Seperti halnya hewan, mereka memiliki instink seksualitas tetapi tidak memiliki rasa cinta, sehingga setiap kali bisa berganti pasangan. Hewan tidak membangun rumah tangga.

Menyatakan cinta sebagai kejujuran hati tidak bertentangan dengan syariat Islam. Karena tidak ada satu pun ayat atau hadis yang secara eksplisit atau implisit melarangnya. Islam hanya memberikan batasan-batasan antara yang boleh dan yang tidak boleh dalam hubungan laki-laki dan perempuan yang bukan suami istri.

Di antara batasan-batasan tersebut ialah:

1. Tidak melakukan perbuatan yang dapat mengarahkan kepada zina Allah SWT berfirman, "Dan janganlah kamu mendekati zina: sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al-Isra: 32) Maksud ayat ini, janganlah kamu melakukan perbuatan-perbuatan yang bisa menjerumuskan kamu pada
perbuatan zina. Di antara perbuatan tersebut seperti berdua-duaan dengan lawan jenis ditempat yang sepi, bersentuhan termasuk bergandengan tangan, berciuman, dan lain sebagainya.

2. Tidak menyentuh perempuan yang bukan mahramnya Rasulullah SAW bersabda, "Lebih baik memegang besi yang panas daripada memegang atau meraba perempuan yang bukan istrinya (kalau ia tahu akan berat siksaannya). "

3. Tidak berduaan dengan lawan jenis yang bukan mahramnya Dilarang laki dan perempuan yang bukan mahramnya untuk berdua-duan. Nabi SAW bersabda, "Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir,maka jangan sekali-kali dia bersendirian dengan seorang perempuan yang tidak mahramnya, karena ketiganya adalah setan." (HR. Ahmad)

4. Harus menjaga mata atau pandangan Sebab mata kuncinya hati. Dan pandangan itu pengutus fitnah yang sering membawa kepada perbuatan zina. Oleh karena itu Allah
berfirman, "Katakanlah kepada laki-laki mukmin hendaklah mereka memalingkan pandangan (dari yang haram) dan menjaga kehormatan mereka.....Dan katakanlah kepada kaum wanita hendaklah mereka meredupkan mata mereka dari yang haram dan menjaga kehormatan mereka..." (QS. An-Nur: 30-31)
Yang dimaksudkan menundukkan pandangan yaitu menjaga pandangan, tidak melepaskan pandangan begitu saja apalagi memandangi lawan jenis penuh dengan gelora nafsu.

5. Menutup aurat
Diwajibkan kepada kaum wanita untuk menjaga aurat dan dilarang memakai pakaian yang mempertontonkan bentuk tubuhnya, kecuali untuk suaminya. Dalam hadis dikatakan bahwa wanita yang keluar rumah dengan berpakaian yang mempertontonkan lekuk tubuh, memakai minyak wangi yang baunya semerbak, memakai "make up" dan sebagainya setiap
langkahnya dikutuk oleh para Malaikat, dan setiap laki-laki yang memandangnya sama dengan berzina dengannya. Di hari kiamat nanti perempuan seperti itu tidak akan mencium baunya surga (apa lagi masuk surga)

Selagi batasan di atas tidak dilanggar, maka pacaran hukumnya boleh.
Tetapi persoalannya mungkinkah pacaran tanpa berpandang-pandanga n,
berpegangan, bercanda ria, berciuman, dan lain sebagainya. Kalau
mungkin silakan berpacaran, tetapi kalau tidak mungkin maka jangan
sekali-kali berpacaran karena azab yang pedih siap menanti Anda.

wallahu a'lam

Artikel Terkait:

20 comment:

WiLty ShANy mengatakan...

mantab jjaaya

hanumuslem mengatakan...

yaw.... trimakasih kunjungannya...

zhi cun lee mengatakan...

articles of interest ... appropriate for us as Muslims musings ....

Ngulikku mengatakan...

Heummmmm,memang rumit bila telah menyangkut masalah ini. Tapi apapun alasanya yang terjadi saat ini yang namanya pacaran telah maklum,biasa,dan seolah menjadi adat bahkan jadi dosa kayanya bila tak pacaran. Maka atas hal ini,kategori kata pacaran telah masuk dalam lingkup lewat pagar tanpa permisi.

Bila kita berakal dan meyakini (iman)ajaran agama silahkan kalian berpendapat...Karena itulah ukuran keyakinan seseorang....

PMR Wira SMKN 1 Jenangan Ponorogo mengatakan...

assalamualaikum . .
mau tanya, bagaimana hukum jika seseorang melihat/memandangi foto/video dari seseorang yang mereka sukai(dalam arti yang mereka idam-idamkan)tetapi mereka tidak menjalani hubungan tertentu ?
mohon pencerahannya . .
terima kasih .

Anonim mengatakan...

Bogoshipta..��

PlasmaExplorer9000 mengatakan...

Bursa
Mersin
izmir
Rize
Antep
LEQS

QuantumJuggler256 mengatakan...

amasya
sinop
çorum
sakarya
van
3VL

ŞekerSavaşçı17 mengatakan...

https://titandijital.com.tr/
tunceli parça eşya taşıma
ordu parça eşya taşıma
aydın parça eşya taşıma
van parça eşya taşıma
3ADMQ

HyperspaceBardess12AT mengatakan...

izmir evden eve nakliyat
malatya evden eve nakliyat
hatay evden eve nakliyat
kocaeli evden eve nakliyat
mersin evden eve nakliyat
TAVC

QuantumSorceress mengatakan...

ankara evden eve nakliyat
malatya evden eve nakliyat
antep evden eve nakliyat
giresun evden eve nakliyat
kayseri evden eve nakliyat
V83D1

E5B54AngelicaF3B94 mengatakan...

9853C
Burdur Evden Eve Nakliyat
Kastamonu Evden Eve Nakliyat
Bayburt Lojistik
Mersin Lojistik
Giresun Evden Eve Nakliyat

34BD5Ridge6146E mengatakan...

14B44
Hakkari Lojistik
Uşak Parça Eşya Taşıma
Bingöl Evden Eve Nakliyat
Bilecik Şehir İçi Nakliyat
Rize Şehir İçi Nakliyat
Tokat Şehir İçi Nakliyat
Kırklareli Şehir İçi Nakliyat
Aksaray Şehir İçi Nakliyat
Bingöl Parça Eşya Taşıma

DAE61AlaynaFEFB7 mengatakan...

065A8
Zonguldak Şehir İçi Nakliyat
Edirne Şehir İçi Nakliyat
Antalya Parça Eşya Taşıma
Aydın Lojistik
Giresun Evden Eve Nakliyat
Isparta Şehirler Arası Nakliyat
Coin Nedir
Etimesgut Boya Ustası
Kırşehir Evden Eve Nakliyat

6F62DKian4031F mengatakan...

0FE72
https://referanskodunedir.com.tr/

8767CArielleF3154 mengatakan...

398FD
referans

0A025YeseniaAE12F mengatakan...

A0B87
Edirne Parasız Görüntülü Sohbet
osmaniye canli sohbet
izmir nanytoo sohbet
ığdır Canlı Sohbet Odaları
kayseri sesli sohbet sesli chat
Bartın Sohbet Odaları
ardahan canlı görüntülü sohbet uygulamaları
sivas en iyi görüntülü sohbet uygulaması
Sivas Kadınlarla Ücretsiz Sohbet

20C3DHalle446CD mengatakan...

2FBE5
Sinop Kadınlarla Ücretsiz Sohbet
artvin en iyi rastgele görüntülü sohbet
kırıkkale ücretsiz görüntülü sohbet
Düzce Sesli Mobil Sohbet
bartın goruntulu sohbet
Ağrı Görüntülü Sohbet Sitesi
nevşehir parasız görüntülü sohbet
bedava sohbet
çorum sohbet odaları

01829CiaraD2CC8 mengatakan...

E73FF
yalova bedava sohbet siteleri
Aksaray Canlı Sohbet Sitesi
Ardahan Sesli Sohbet Mobil
canlı sohbet et
Denizli Mobil Sohbet Et
hatay kadınlarla sohbet
Niğde Canlı Sohbet Odaları
Amasya Görüntülü Sohbet Ücretsiz
muğla görüntülü sohbet kadınlarla

9F9A2Edgar3EBCB mengatakan...

C6696
Soundcloud Dinlenme Hilesi
Yeni Çıkacak Coin Nasıl Alınır
Binance Borsası Güvenilir mi
Instagram Takipçi Hilesi
Görüntülü Sohbet Parasız
Görüntülü Sohbet Parasız
Binance Nasıl Oynanır
Apenft Coin Hangi Borsada
Qlc Coin Hangi Borsada

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
No Spam & No Porn