• DEFINISI DAN HUKUM PACARAN

    Istilah pacaran itu sebenarnya bukan bahasa hukum, karena pengertian dan batasannya tidak sama buat setiap orang. Dan sangat mungkin berbeda dalam setiap budaya. Karena itu kami tidak akan menggunakan istilah `pacaran` dalam masalah ini, agar tidak salah konotasi. Pacaran dapat diartikan bermacam-macam, tetapi intinya adalah jalinan cinta antara seorang remaja dengan lawan jenisnya. Praktik pacaran juga bermacam-macam, ada yang sekedar berkirim surat,telepon, menjemput, mengantar atau menemani pergi ke suatu tempat,apel, sampai ada yang layaknya pasangan suami istri....

  • RENUNGKANLAH

    UMURMU UNTUK APA KAU HABISKAN??

    MASA MUDAMU UNTUK APA KAU GUNAKAN??

    HARTAMU DARIMANA KAMU PEROLEH DAN UNTUK APA KAU BELANJAKAN??

    AMALAN APA YANG TELAH KAU LAKUKAN SESUAI DENGAN APA YANG TELAH DIKETAHUINYA??

  • Motivasi Jangan Mengeluh

    Kenapa harus aku yang menanggung musibah ini? Kenapa hidupku sesuram ini? Berat sekali beban hidupku. Aku tak bisa melakukan ini, Aku tak kuat. Itulah pertanyaan dan pernyataan yang sering dikeluhkan oleh manusia selama hidup di dunia ini.

  • SAY NO TO BAD MOOD

    Tahukah anda apa MOOD itu? Mood sendiri berasal dari kata mōd yang disadur dari bahasa Inggris kuno yang berarti keberanian dalam militer tapi bisa juga diartikan sebagai tempramen, humor, dan perasaan dan berpengaruh terhadap motivasi kita dalam melakukan sesuatu, Kog Bisa BAD MOOD? Hal termudah yang bisa kita ambil sebagai contoh adalah, misal keinginan kita tidak terpenuhi, sebagian atau sama sekali Selain itu terlalu banyak berpikir juga akan membuat gelombang otak terpecut untuk memikirkan hal-hal dalam konteks minimal (singkatnya pesimis ). Dan faktor lain yang bisa berpengaruh adalah kekuatan mental kita.....

"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularitas blog anda secara cepat dan tak terbatas...?... Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! Klik disini-1 dan disini-2"

WARNING "Jangan menyingkat kata ketika SMS"


Tau SMS? Pernah SMS? Suka SMS? Seberapa sering SMS? 


SMS kepanjangan (Short Message Service) sebagai layanan yang dilaksanakan dengan sebuah telepon genggam untuk mengirim atau menerima pesan-pesan pendek. Tentu setiap individu pernah melakukan pengiriman pesan. Apalagi potret zaman sekarang, masyarakat Indonesia khusunya kalangan pelajar sudah kecanduan menggunakan SMS.




Yang namanya SMS (short message) tak lepas dari menyingkat-nyingkat kata-kata agar karakter yang dikeluarkan lebih sedikit, So, lebih murahkan. 
Sayangnya dalam penyingkatan kata SMS banyak yang tidak hati-hati tanpa tau dampak yang sangat mengenaskan apabila difikirkan secara matang dalam penyingkatan SMS.

Di sini saya akan memberikan beberapa contoh kata yang berbahaya untuk disingkat dan wajib dihindari simaklah beberapa kata dibawah ini:

1. 'Assalamu'alaikum' kebanyakan orang menyingkat 'Ass' ataupun 'Askum'. (Paling banyak digunakan)
         Taukan Salam adalah doa tapi mengapa anda menyingkatnya. Anda tahu apa arti 'Ass' dan 'Askum' sebenarnya? 'Ass' = (maaf) 'Pantat', 'Askum' = 'Celakalah kamu' . 

2. 'Allah' biasanya trendnya banyak yang menggunakan '4JJI'
        Memang kalau dilihat dari jauh maka akan bertuliskan 'Allah' dengan bahasa Arab, tapi arti yang di kandung dalam singkatan tersebut sangat menyerong bahkan menjadikan murtad. Sebenarnya '4JJI' itu kepanjangan dari  'For Judas Jesus Isa al masih'

3. Nabi 'Muhammad' disingkat dengan 'Mohd'
       Yang ini sangat berbeda dengan arti sebenarnya. 'Mohd' artinya 'Anjing bermulut besar'

4. 'Masjid' mengetrendkannya dengan panggilan 'Mosque'
      Memang agag jarang tapi ada yang menggukan kata 'Mosque'. Anda tahu apa arti sebenarnya? 'Mosque' artinya 'Nyamuk'

5. 'Mekkah' mengetrendkannya dengan penggilan 'Mecca'
      'Mecca' disini berarti rumah anggur bir sungguh berbeda dengan arti sebenarnya.

dan masih banyak lagi


Jadi hindarilah kata-kata diatas untuk menyingkatnya meski itu adalah sebuah pesan yang sudah memahamkan si penerima tetapi arti sebenarnya malah mencelakakan kita. Selain kata di atas mungkin banyak lagi, pesan saya 'BERHATI-HATILAH DALAM MENYINGKAT KATA KETIKA SMS'

Share ya untuk mengingatkan saudara seiman kita jangan pelit-pelit :D
Yang mau coppy artikel silahkan jangan lupa menyantumkan sumbernya ^_^

Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. AAMIIN ^_^

Artikel Terkait:

14 comment:

Farizan mengatakan...

hmmm... kyk pernah dapet nih..

hanumuslem mengatakan...

Fahmi BL : hahaha, cuma memperjelas dan mengingatkan coz masih banyak yang menggunakan singkatan menyeramkan iku,, wkwkwkwk

Annisa Nurhayati Harjanta mengatakan...

yang 3 dan 4 baru baca ini

hanumuslem mengatakan...

Annisa NH : haha, tambah pengetahuan kan :D So jangan singkat2 gtu deh :10

Andhira A. Mudzalifa mengatakan...

wah, peringatan yang super sekali :D terimakasih :D :D nggak bakal nyingkat kayak gitu deh. hehehe

Anonim mengatakan...

setuju , ngapain juga d.singkat , ta biaya SMSnya tetap , mendingan bicara langsung aja enak hehehe

hanumuslem mengatakan...

Andhira : haha sama2 :D
Anonim : laiya toh skarang sms banyak gratisannya :13

Dilla Saezana mengatakan...

bukannya nyamuk itu mosquito ya? kalau mosque itu baru masjid. dikamus seperti itu.

SEO | Computer mengatakan...

Bener sob.. Penyingkatan pesan pendek emg tdk slh, ttpi tentunya hal tsb jg ada aturan mainnya.

Ebook bisnis online mengatakan...

thnks pringatannya

ummi hanif mengatakan...

bagus, izin share ya...

Roy mengatakan...

Info yang menarik

Unknown mengatakan...

Mas, maaf, bagaimana dengan ini :

Translate Mecca from Oxford Dictionary :
Pronunciation: /ˈmɛkə/
a city in western Saudi Arabia, an oasis town in the Red Sea region of Hejaz, east of Jiddah, considered by Muslims to be the holiest city of Islam; population 1,385,000 (est. 2007). Arabic name Makkah.
(as noun a Mecca) a place which attracts people of a particular group or with a particular interest:
Holland is a Mecca for jazz enthusiasts

The birthplace in ad 570 of the prophet Muhammad, Mecca was the scene of his early teachings before his emigration to Medina in 622 (the Hegira). On Muhammad’s return to Mecca in 630 it became the centre of the new Muslim faith. It is the site of the Great Mosque and the Kaaba, and is a centre of Islamic ritual, including the haj pilgrimage which leads thousands of visitors to the city each year

Translate Mosque from Oxford Dictionary :
Pronunciation: /mɒsk/
a Muslim place of worship.
Mosques consist of an area reserved for communal prayers, frequently in a domed building with a minaret, and with a niche (mihrab) or other structure indicating the direction of Mecca. There may also be a platform for preaching (mimbar), and an adjacent courtyard in which water is provided for the obligatory ablutions before prayer.

Kamus Oxford itu sama saja dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia, yg berisikan tentang penjelasan semua kata dalam bahasa inggris. Jadi arti mecca dan mosque itu memang benar adanya seperti itu mas.

Chrisdian Anggana Gumilar mengatakan...

Klo menurut saya itu tergantung apa tujuan dr sang penulis, dan itu bersifat kondisional. Selagi sms dg teman sebaya dan topik pembicaraannya umum tdk masalah jk memakai tata bahasa singkat. Namun, bila berkaitan dg dakwah atau penulisan dlm konteks agama lbh baik memakai bahasa yg baik serta tata penulisan bahasa yg jelas. Agar bisa dimengerti oleh pembaca.
Terimakasih ☺
Mohon kritikannya bila ada kesalahan dr pendapat yg saya sampaikan..

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
No Spam & No Porn