• DEFINISI DAN HUKUM PACARAN

    Istilah pacaran itu sebenarnya bukan bahasa hukum, karena pengertian dan batasannya tidak sama buat setiap orang. Dan sangat mungkin berbeda dalam setiap budaya. Karena itu kami tidak akan menggunakan istilah `pacaran` dalam masalah ini, agar tidak salah konotasi. Pacaran dapat diartikan bermacam-macam, tetapi intinya adalah jalinan cinta antara seorang remaja dengan lawan jenisnya. Praktik pacaran juga bermacam-macam, ada yang sekedar berkirim surat,telepon, menjemput, mengantar atau menemani pergi ke suatu tempat,apel, sampai ada yang layaknya pasangan suami istri....

  • RENUNGKANLAH

    UMURMU UNTUK APA KAU HABISKAN??

    MASA MUDAMU UNTUK APA KAU GUNAKAN??

    HARTAMU DARIMANA KAMU PEROLEH DAN UNTUK APA KAU BELANJAKAN??

    AMALAN APA YANG TELAH KAU LAKUKAN SESUAI DENGAN APA YANG TELAH DIKETAHUINYA??

  • Motivasi Jangan Mengeluh

    Kenapa harus aku yang menanggung musibah ini? Kenapa hidupku sesuram ini? Berat sekali beban hidupku. Aku tak bisa melakukan ini, Aku tak kuat. Itulah pertanyaan dan pernyataan yang sering dikeluhkan oleh manusia selama hidup di dunia ini.

  • SAY NO TO BAD MOOD

    Tahukah anda apa MOOD itu? Mood sendiri berasal dari kata mōd yang disadur dari bahasa Inggris kuno yang berarti keberanian dalam militer tapi bisa juga diartikan sebagai tempramen, humor, dan perasaan dan berpengaruh terhadap motivasi kita dalam melakukan sesuatu, Kog Bisa BAD MOOD? Hal termudah yang bisa kita ambil sebagai contoh adalah, misal keinginan kita tidak terpenuhi, sebagian atau sama sekali Selain itu terlalu banyak berpikir juga akan membuat gelombang otak terpecut untuk memikirkan hal-hal dalam konteks minimal (singkatnya pesimis ). Dan faktor lain yang bisa berpengaruh adalah kekuatan mental kita.....

"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularitas blog anda secara cepat dan tak terbatas...?... Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! Klik disini-1 dan disini-2"

IKHLASLAH DALAM BERSHADAQAH

 Shadaqah (sedekah) adalah kata yang sangat mudah tuk diucapkan, Tetapi kadang begitu sulit dilakukan. Terlebih ketika kita tengah dibelit kesulitan, sangat mungkin terucap kata-kata yang tidak enak didengar: "jangankan buat sedekah,buat makan sendiri aja sulit". Itulah mengapa shadaqah itu sulit. Karena kita tidak ikhlas dalam menjalankanya. Benar kita sudah belajar untuk ikhas, TETAPI SEBERAPAKAH KEIKHLASAN KITA DALAM BERSADAQAH??



 
Rasulullah menyampaikan khutbah di Khaif setelah dari Mina, "Allah membaguskan seorang hamba yang mendengar perkataanku ini, lalu dia memperhatikan dan menyampaikan kepada orang yang belum mendegarkannya. Berapa banyak orang yang membawa pengetahuan namun dia tidak memahaminya. Berapa banyak orang yang membawa pengetahuan kepada orang yang lebih tahu darinya. Tiga perkara, yang karenya hati orang Mukmin tidak akan berkhianat, yaitu mengikhlaskan amal karena Allah, memberikan nasihat kepada ulil-amri dan mengikuti jama'ah. Sesungguhnya dakwah kepada mereka dari arah belakangnya. Siapa yang hasratnya kepada akhirat, maka Allah menghimpun persatuannya, menjadikan kekayaannya, dan siapa yang hasratnya kepda dunia, maka Allah menceraiberaikan urusannya, menjadi kemsikinan ada di depan matanya, dunia tidak datang kepadanya kecuali apa yang sudah ditetapkan baginya.
Islam cukup besar menaruh perhatian terhadap niat atau perasaan yang menyertai amal perbuatan manusia. Karena nilai amal ibadah manusia, hakikatnya kembali kepada si pemiliknya, dan tergantung kepada niatnya.
Bershadaqah atau mengeluarkan derma, atau memberikan sesuatu kepada orang lain merupakan perbuatan dan amal yang baik, tetapi kadang-kadang ada seseorang yang bershadaqah agar dikatakan dia, orang baik, atau untuk mendapatkan kedudukan di sisi pejabat, di sisi orang pembesar, atau agar bisa mendapatkan pelayanan dari orang yang diberi shadaqah. 
Ada juga yang bershadaqah untuk menghapuskan sifat minta-minta atau menjaga sifat satria dan rasa malu dari orang yang tidak mampu, atau semata-mata hanya taat kepada Allah, untuk mencapai keridhaan Allah semata-mata dan mengharapkan pahala daripada Nya.
Dua orang tersebut di atas mengerjakan satu macam perbuatan, yaitu bershadaqah, tetapi nilainya berbeda, sesuai dengan perbedaan niat yang mendorongnya.
Orang yang pertama, nilai shadaqahnya renda karena menginginkan kemanfaatan duniawi yang pribadi. Jika tidak karena keinginan itu, tentu dia tidak bershdaqah. Maka pendorong yang hakiki, yang ikhlas belum bersemayam di dadanya.
Orang yang kedua nilai shadaqahnya tinggi, karena shdaqahnya karena ikhlas, karena didorong memenuhi hati sanubarinya, yaitu dia memang senang berbuat baik kepada sesama manusia, menjaga kemuliaan mereka dan karena taat kepada Allah serta mencari keridhaanNya. Orang semacam ini dapat diharapkan kebikanya yang banyak dan dapat diharapkan pula daripadanya kebaikan-kebaikan yang terus menerus. Dia sumber tetap bagi mereka yang berhajat
Dengan demikian kita mengetahui makna yang terkandung dalam hadist tersebut diatas :"Bahwa semua amal perbuatan itu tergantung sesuai dengan niatnya". Maka setiap amal perbuatan itu sesuai dengan niat yang membangkitkanya. Apabila niatnya baik, maka baiklah, apabila niatnya jelek, maka jeleklah.
Oleh karena itu, ikhlas sangat penting ketika kita melakukan segala sesuatu.

Artikel Terkait:

6 comment:

goeztcool blog's mengatakan...

PERTAMAX.....
Subhanalloh...bnar sobat kata ikhlas sungguh dlm maknannya....memberi dan tidak berharp imbalan...saya belum bisa mnjalankn utk sehari",nice post.

hanumuslem mengatakan...

Okey trimakasih... :)
Tapi belajar ya untuk ikhlas

Aditya mengatakan...

Banyak yang merasa hartanya berkurang kalau disedekahkan.. pdhal itu adalah cara untuk merubah harta tsb menjadi abadi yang akan dinikmati kelak di akhirat..

Miss Rinda mengatakan...

wah ganti template y nu ;)

pastinya harus iklas, aq pgn protes banget sbnrnya nu sama masjid2, abis tiap mw jumatan suka ada pengumuman pemasukan uang untuk masjid plus disebutin nama2 yg nyumbang, kan kesannya g iklas ya x(

With Love,

|
|
V

Miss Rinda - Personal Blog

hanumuslem mengatakan...

@ Aditya : :)]Iya benar sebenarnya harta itu yang kita shadaqahkan buat bekal kita di akhirat
@ Kak Rinda : Iya ni, yang kemaren loadingnya lama and ingin ganti suasana.
Iya Seharusnya gag usah di sebutin namanya yaw. biar bisa ikhlas. :)

oempak mengatakan...

bener banget kita haurs iklhas dalam memberikan sedekah, dan klo bs tidak hanya pada waktu" terntentu kita bersedekah, dengan bentuk apapun asal kita ikhlas pasti ada manfaatnya

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
No Spam & No Porn