• DEFINISI DAN HUKUM PACARAN

    Istilah pacaran itu sebenarnya bukan bahasa hukum, karena pengertian dan batasannya tidak sama buat setiap orang. Dan sangat mungkin berbeda dalam setiap budaya. Karena itu kami tidak akan menggunakan istilah `pacaran` dalam masalah ini, agar tidak salah konotasi. Pacaran dapat diartikan bermacam-macam, tetapi intinya adalah jalinan cinta antara seorang remaja dengan lawan jenisnya. Praktik pacaran juga bermacam-macam, ada yang sekedar berkirim surat,telepon, menjemput, mengantar atau menemani pergi ke suatu tempat,apel, sampai ada yang layaknya pasangan suami istri....

  • RENUNGKANLAH

    UMURMU UNTUK APA KAU HABISKAN??

    MASA MUDAMU UNTUK APA KAU GUNAKAN??

    HARTAMU DARIMANA KAMU PEROLEH DAN UNTUK APA KAU BELANJAKAN??

    AMALAN APA YANG TELAH KAU LAKUKAN SESUAI DENGAN APA YANG TELAH DIKETAHUINYA??

  • Motivasi Jangan Mengeluh

    Kenapa harus aku yang menanggung musibah ini? Kenapa hidupku sesuram ini? Berat sekali beban hidupku. Aku tak bisa melakukan ini, Aku tak kuat. Itulah pertanyaan dan pernyataan yang sering dikeluhkan oleh manusia selama hidup di dunia ini.

  • SAY NO TO BAD MOOD

    Tahukah anda apa MOOD itu? Mood sendiri berasal dari kata mōd yang disadur dari bahasa Inggris kuno yang berarti keberanian dalam militer tapi bisa juga diartikan sebagai tempramen, humor, dan perasaan dan berpengaruh terhadap motivasi kita dalam melakukan sesuatu, Kog Bisa BAD MOOD? Hal termudah yang bisa kita ambil sebagai contoh adalah, misal keinginan kita tidak terpenuhi, sebagian atau sama sekali Selain itu terlalu banyak berpikir juga akan membuat gelombang otak terpecut untuk memikirkan hal-hal dalam konteks minimal (singkatnya pesimis ). Dan faktor lain yang bisa berpengaruh adalah kekuatan mental kita.....

"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularitas blog anda secara cepat dan tak terbatas...?... Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! Klik disini-1 dan disini-2"

MENGAPA KITA MALAS DALAM BERIBADAH??

Alhamdulillah saya masih diberi kesehatan oleh Allah untuk memberikan ilmu yang saya dapat dari guru mengaji saya. Disini saya akan meneruskan ilmu yang saya dapat dari guru saya agar ilmu saya bermanfaat. Salah satunya yaitu hal-hal yang membuat kita malas dalam beribadah kepada Allah.

Sering kali kita tiba-tiba malas untuk melakukan hal yang baik atau mencoba untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan beribadah. Tidak tahu apa sebabnya!! Terkadang mau melaksanakan Shalat kita menunda-nunda. Ingin melaksanakan Puasa Sunnah, ah... besok saja kapan-kapan. Mau Shadaqah... ah,, enakan dibelikan makanan. Mau menuntut ilmu.. di rumah aj lihat Piala dunia. Yang menjadi tanda tanya besar MENGAPA KITA MALAS DALAM BERIBADAH??



Jawabanya yaitu Ada 3 hal yang mempengaruhi kita malas dalam melaksanakan ibadah, mari kita cek dengan seksama dan penuh kejujuran tentang apa yang sedang melanda kita

1. Makanan Kita
Apa saja makanan kita?? Apakah makanan kita haram?? Bagaimana makanan kita dapat, dengan cara halal atau haram?? Dari manakah kita mendapatkan uang untuk membeli makanan?? Marilah kita renungkan pertanyaan itu. Kalau kita merasa makanan kita haram, berarti itulah yang menyebabkan kita malas dalam beribadah. Kalau anda merasa makanan anda halal coba cek sebab selanjutnya

2. Pembicaraan Kita
Dalam satu hari kita berbicara apa?? Banyak mana pembicaraan kita yang sia-sia dengan yang bermanfaat?? Berapa lama kita membaca Al-qur'an dalam sehari ketimbang bicara sia-sia?? Apakah kita pernah membicarakan kejelekan orang lain?? Berbohong?? Ingkar janji?? Menjelek-jelekkan orang lain?? Mungkin ini yang membuat kita malas dalam beribadah. Iya kan??

3. Perbuatan Kita
Dalam satu hari apa yang kita perbuat?? Banyak manakah waktu yang kita gunakan dalam beribadah ketimbang dalam bekerja?? Apakah kita masih mengaji setiap hari?? Pernah kan kita menjahili orang lain?? Melakukan maksiat?? Ini juga yang membuat kita malas dalam beribadah

Jadi ada 3 hal yang membuat kita malas dalam beribadah. Marilah teliti kesalahan kita. Cobalah untuk memperbaiki apa yang kita makan, pembicaraan kita, dan juga perbuatan kita. Kita harus mencari makanan yang sehalal-halalnya begitu juga cara mendapatkan uang kita. Yang berat yaitu menjaga lisan kita dalam berbicara, memang berat tetapi kita harus menjaganya. Serta menjaga perbuatan kita dari perbuatan maksiat, dan harus bisa berbuat baik. Semoga ketiga hal tersebut dapat sebagai bahan kita dalam menginstropeksi diri yang apabila kita perbaiki kesalahan itu kita akan semangat dalam beribadah. Amin...

INGAT DUNIA ITU FANA' AKAN RUSAK KITA HANYA SEDIKIT WAKTU DI DUNIA UNTUK MENCARI BEKAL KITA UNTUK DI AKHIRAT. JADI JANGAN SIA-SIAKAN  WAKTU ANDA UNTUK HIDUP DI DUNIA!! 

Artikel Terkait:

33 comment:

A.hassan mengatakan...

Selain ke-3 sebab diatas, yang mempengaruhi orang malas beribadah antara lain juga:
1. Cinta dunia, gemerlapnya keindahan dunia memang sungguh mempesonakan,apa yang kita lihat,apa yang kita dengar sungguh mempesonakan,...padahal kesenangan dunia itu hanyalah palsu,fana dan tidak kekal...tapi kebanyakan kita terlupakan olehnya.
2. Umur, merasa masih muda masih banyak kesempatan sehingga ntar saja dalam urusan ibadah tunggu klo udah tua...padahal masalah umur kita tidak tahu...kapan kematian akan menjemput kita.
3. Pemahaman akan adanya kehidupan setelah kematian, bahwasannya setelah kematian umat manusia akan dibangkitkan kembali dalam kehidupan lain (akhirat), yang mana segala amal perbuatan akan dapat balasan yang setimpal,kejahatan akan dapat siksa (neraka)dan kebaikan akan dapat pahala (surga)masih belum benar2 di yakini oleh umat manusia.

Marilah kita mulai dari sekarang, tingkatkan amal ibadah kita...jangan ditunda-tunda.Allohumma Amin (^_^)

Akoey mengatakan...

mudah"n setelah membaca artikel ini, ada kemajuan dalam hal ibadah saya. thx Sob, Nice Post..

Warna Tulisan mengatakan...

artikel yang sangat bermanfaat, makasih sahabat sudah mengingatkan. Salam

Ferdinand mengatakan...

Wah mesti Introspeksi masing2 nie hhe...makasih udah diingatkan Sob...tapi keseringan karna kebiasaan Sob... biasanya klo biasa nunda2 sholat ya keterusan besoknya hhe...puasa juga gtu sehari ga puasa besoknya tambah males haha.....

Perkataan sama perbuatan emank mesti sejalan ya Sob hhe.....

Semangat N met aktivitas!!!

kapten teknologi mengatakan...

malas itu wajar, dalam diri setiap orang pasti ada rasa malas, tetapi bagaimana kita mengelola malas ini menjadi spirit dengan awalan memaksakan diri tuk melawan rasa malas, sehingga terbiasa terhindar dari rasa malas. :D

hanumuslem mengatakan...

@ A.hassan : makasih tambahnnya.. semakin lengkap saja buat bahan instropeksi diri :D
@ Akoey : iya sama2
@ Warna Tulisan : wa'alaikum salam
@ Ferdinand : iya ini dapat menjadikan kita instropeksi diri
@ kapten teknologi : rasa malas itu ada karena kita masih di kelilingi oleh barang2 haram dan perbuatan dosa yang menutup hati kita. Selagi kita bisa memperbaikinya.. insya allah bisa

etam grecek mengatakan...

semoga kita sllu taat untuk sllu beribadah...amienn...

muzzy musthofa mengatakan...

keren nich Kang.... tapi memang dalam beribadah kita pasti ada aja yang membuat kita malas, karena selain hal2 diatas, syetan kan diciptakan untuk membuat manusia menjauhi jalan ALLAH SWT

hanumuslem mengatakan...

@ etam grecek : amin ya robbal 'alamin
@ muzzy musthofa : oleh karena itu kita harus bisa mengalahkan setan.. karena syetan adalah musuh bebuyutan kita

Nabilla Ghina Z. mengatakan...

Kayanya kalau buat aku, niatnya deh.
Kalau makanan, Insya Allah halal.
Kalau pembicaraan, ya gitu deh.
Kalau perbuatan, ya gitu deh.
Tapi, dari ketiga itu semua yang mendasari itu niat kita.
Kadang aku cuma niat asal pengen sholat tahajud. Kebangun sih jam 2/3, tapi gak pernah dilaksanakan sholatnya. :(

Ummiega mengatakan...

Definisi ibadah kan bukan hanya ritual sehari-hari saja seperti sholat, tapi sekolah menuntut ilmu ibadah, bekerja mencari nafkah ibadah. Termasuk malas berbuat maksiat adalah ibadah.

harto mengatakan...

malas beribadah....? sudah pasti ada disetiap diri kita masing2 namun semuanya tergantung dari diri kita jualah. yang penting kita harus tekadkan niat yang kuat, tahan segala godaan syetan n godaan dunia, kita lawan semua yang ada dan yang mempengaruhi kemalasan kita .... ayooo bangkit, perbanyak ibadah, hidup di dunia hanya sebentar....

trims atas ilmunya, sukses selalu n tetap semangat....... salam ukhuwah............

ToPu mengatakan...

Kalau menurutQ faktor yang paling mendominasi adalah kurangnya iman kita dalam diri kita di dalam hati kita yang paling dalam....

kalau keyakinan kita sangat besar terhadap Tuhan Yang Maha Esa, maka badai, sakit, bahkan merangkak pun akan kita lakukan sob.....

hanumuslem mengatakan...

@ Nabilla Ghina Z: wah jangan niat aj.. haruz di lakukan tuw :D
@ Ummiega : iya makasih yaw tambahannya :D
@ harto : siplah.. kita haruz bangkit.. :D
@ ToPu : iya iman.. but dalam memupuk iman hati kita harus terang.. gag boleh mati..

NumberOne mengatakan...

semoga kita bisa meninggalkan kemalasan... ;)

Run-D BLoG mengatakan...

Info yg bagus skali sob, semoga kita semua dpt termotifasi dan tinggalkan sifat kemalasan!

Bayu Lebond mengatakan...

SIAAAAAAAAAP komendan...mulai kini gw jaga makanan, bicara n tingkah laku gw...tengkyu tuk pencerahannya

om rame mengatakan...

wah pembicaranya para pakar agama semua nih, jadi mindeh ach. cukup megucapkan terima kasih mas_hanu atas media pengingatnya.

selamat beraktifitas aja dan saLam sukses selaLu.

hanumuslem mengatakan...

@ NumberOne : amin :D
@ Run-D BLoG : okey... Bye bye lazy??? :p
@ Bayu Lebond : ukey2 :D
@ om rame : iya sama2 om ;;)

Helman Story mengatakan...

wah artikel pencerahan gan...lam kenal aja ya

Ega mengatakan...

Berkedip dan bernafas, duduk, bangun, tidur, ibadah..

hanumuslem mengatakan...

@ Helman Story : iya makasih..
@ Ega : betul 3x.. ummie??

oempak mengatakan...

sambil blogwalking sambilm beribadah, maknyusss :D

mixedfresh mengatakan...

aku jujur kadang telat, nice share sob

hanumuslem mengatakan...

@ oempak : :D okey lah
@ mixedfresh : iya.. lebih di giatin lagi yaw ibadahnya??

Imam mengatakan...

Salam kenal yah,, artikelnya sangat menarik bgt.. mudh2an dg baca artikel trsbt jadi pada tobat semua, yang udah melakukan maksiat.. ::)

qodam mengatakan...

boleh tambah satu hal lagi? terlalu fokus sama urusan dunia juga bisa bikin kita malas ibadah. slam kenal ^_^

om rame mengatakan...

makanan, pembicaraan, dan perbuatan, harus Lebih seLektif dan hati-hati Lagi nih jangan sampai kebabLasan.

seLamat istirahat aja mas_hanu.

sentraBLOG mengatakan...

wahhhh....
bener jg sih ni artikel...
jd nyadar diri jg gw...
thanks...

hanumuslem mengatakan...

@ Imam : iya amin.. moga aj...
@ qodam : terimakasih tambahanya.. sangat bermanfaat
@ om rame : okey.. harus hati hati om :D
@ sentraBLOG : iya.. alhamdulillah...

efraim christoni mengatakan...

Hmm... beberapa ada benernya juga..
Tapi yang jelas mungkin emang karena gak ada niat kokoh untuk ibadah

abdillah tenant mengatakan...

comment udah banyak maju terus mas bur.. sukses!!

hanumuslem mengatakan...

@ efraim christoni : iya bener tapi faktor di atas juga mempengaruhi yang menyebabkan matinya hati
@ abdillah tenant : iya terimakasih :D

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
No Spam & No Porn