• DEFINISI DAN HUKUM PACARAN

    Istilah pacaran itu sebenarnya bukan bahasa hukum, karena pengertian dan batasannya tidak sama buat setiap orang. Dan sangat mungkin berbeda dalam setiap budaya. Karena itu kami tidak akan menggunakan istilah `pacaran` dalam masalah ini, agar tidak salah konotasi. Pacaran dapat diartikan bermacam-macam, tetapi intinya adalah jalinan cinta antara seorang remaja dengan lawan jenisnya. Praktik pacaran juga bermacam-macam, ada yang sekedar berkirim surat,telepon, menjemput, mengantar atau menemani pergi ke suatu tempat,apel, sampai ada yang layaknya pasangan suami istri....

  • RENUNGKANLAH

    UMURMU UNTUK APA KAU HABISKAN??

    MASA MUDAMU UNTUK APA KAU GUNAKAN??

    HARTAMU DARIMANA KAMU PEROLEH DAN UNTUK APA KAU BELANJAKAN??

    AMALAN APA YANG TELAH KAU LAKUKAN SESUAI DENGAN APA YANG TELAH DIKETAHUINYA??

  • Motivasi Jangan Mengeluh

    Kenapa harus aku yang menanggung musibah ini? Kenapa hidupku sesuram ini? Berat sekali beban hidupku. Aku tak bisa melakukan ini, Aku tak kuat. Itulah pertanyaan dan pernyataan yang sering dikeluhkan oleh manusia selama hidup di dunia ini.

  • SAY NO TO BAD MOOD

    Tahukah anda apa MOOD itu? Mood sendiri berasal dari kata mōd yang disadur dari bahasa Inggris kuno yang berarti keberanian dalam militer tapi bisa juga diartikan sebagai tempramen, humor, dan perasaan dan berpengaruh terhadap motivasi kita dalam melakukan sesuatu, Kog Bisa BAD MOOD? Hal termudah yang bisa kita ambil sebagai contoh adalah, misal keinginan kita tidak terpenuhi, sebagian atau sama sekali Selain itu terlalu banyak berpikir juga akan membuat gelombang otak terpecut untuk memikirkan hal-hal dalam konteks minimal (singkatnya pesimis ). Dan faktor lain yang bisa berpengaruh adalah kekuatan mental kita.....

"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularitas blog anda secara cepat dan tak terbatas...?... Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! Klik disini-1 dan disini-2"

JANGANLAH BERSEDIH BERTAWAKALLAH

Setiap orang hidup di dunia ini pasti menjalani kehidupan yang berliku-liku. Kadangkala senang ketika mendapatkan sesuatu, sedih ketika dirundung masalah, dan susah karena banyak pekerjaan. Di dunia ini setiap orang pasti menginginkan kesenangan. Apalagi bagi orang yang kaya, memang banyak kesenangan yang mereka rasakan, tetapi APAKAH MEREKA BISA BERSYUKUR?? Apabila sudah bersyukur APAKAH MEREKA BERSHADAQAH?? Setelah itu APAKAH MEREKA IKHLAS DALAM BERSHADAQAH??. Pastilah sulit untuk melaksanakanya. Tetapi sebagian orang bisa melaksankanya.
Sedangkan orang miskin kebanyakan merasakan kesedihan, kesusahan, kesengsaraan, selalu di cemoohi, selalu dihinia, selalu di bohongi, dan selalu di kucilkan. Mereka selalu bersedih, dimanapun mereka berada meratapi kehidupan ini. Tetapi dibalik itu mereka bisa merasakan BAGAIMANA RASANYA BERSABAR. Bersabar akan bagaimana kehidupanya?? Bagaimana kita makan besok?? Bagaimana cara mencari uang?? Bagaimana kita dapat menyenangkan hati keluarga?? (Janganlah bersedih bertawakallah)
Bertawakkal artinya berpasrah diri kepada Allah setelah melakukan upaya-upaya secara maksimal. Kita hidup di dunia jika menginginkan sesuatu maka ia harus berusaha untuk menggapainya. Meski demikian, usaha kita tidak sepenuhnya menentukan, karena banyak faktor lain yang ikut bermain, misalnya faktor kebetulan, faktor yang dipercaya sebagai keberuntungan, faktor doa dan sebagainya. Orang yang menyombongkan keberhasilannya sebagai usaha sendiri termasuk orang yang buruk akhlaknya terhadap Allah, dan bahkan bisa terperangkap ke dalam syirk khofiy. Seorang yang bertawakkal kepada Allah adalah orang yang bekerja keras untuk menggapai apa yang diinginkannya dengan mengikuti prosedur yang wajar (menggunakan management usaha), tetapi ia tetap meyakini bahwa keberhasilan usahanya ditentukan oleh Allah Yang Maha Pengatur. Ia yakin betul bahwa upaya dan kekuatan itu tidak efektif tanpa izin Allah, la hauls wala quwwata ills billah al'Aliy al 'Aziem.
Ada sebuah kisah bahwa ada seseorang baru datang dari luar kota menemui Rasulullah. Beliau menanyakan apakah ontanya diikat (di parkir secara benar dan dikunci). Orang itu menjawab: Tidak ya Rasulullah, saya tawakkal saja kepada Allah. Rasul lalu menegurnya; (jangan begitu), ikat dulu untamu secara benar, baru engkau bertawakkal kepada Allah. Dari hadis itu dapat difahami bahwa kepercayaan kepada Allah sebagai Yang Maha Kuasa , Maha Pengatur dan Maha Penentu tidak mengurangi professionalitas dan rasionalitas usaha.
Jadi bertawakallah dengan usaha yang keras yang disertai dengan doa. Setelah itu barullah pasrahkan semua kepada Alah. Semoga kita selalu menjadi orang yang bertawakal untuk menjalani kehidupan ini. AMIN..

Artikel Terkait:

16 comment:

Ega mengatakan...

Pasrah setelah usaha maksimal adalah puncak dari kekuatan. Berapa banyak orang sudah bekerja keras bila Allah belum menghendaki, dia tidak mendapat apapun.

Mahadma mengatakan...

amin...amin...

hanumuslem mengatakan...

@ Ega : betul.. semua itu jalan Allah. Apabila Allah tak menghendaki semua tidak akan terjadi
@ Mahadma : ya robbal'alamin :)

Fahmi Ahmad mengatakan...

mantap din artikel..nya memang benar kita harus berusaha dan bertawakal kepada Allah swt.

hanumuslem mengatakan...

okey sob... :D

Warna Tulisan mengatakan...

setuju sahabat untuk mencapai sesuatu kita harus berdaya-upaya dengan keras tp dengan tidak melupakanNYA. Selalu sabar dan berpasrah kepadaNYA. Salam

hanumuslem mengatakan...

terimaksih yaw.. yang telah setuju dengan pendapat saya :D

Unknown mengatakan...

Halo teman,
Blog anda enak dipandang dan informatif.
Saya sudah follow ikuti di Google Friend Connect.
Silakan follow/ikuti blog saya, terima kasih.

multibrand.blogspot.com

hanumuslem mengatakan...

terimakasih yaw..
iya akan aq follow

sekalilagi trims.. :D

Indra mengatakan...

Sebuah artikel yang menyetuh hati begitu dalam, slm kenal shobat, kalau punya waktu mampir ya ke blog newbie

Anonim mengatakan...

Bagus materinya....begitulah hidup, susah senang silih berganti...ketiadaan,kepapaan,kemiskinan,kefakiran,jangan dijadikan alasan untuk tidak bertawakal...Rosullah teladan yang patut kita contoh...kebahagiaan dunia dan akhirat memang harus kita raih,...usaha keras wajib kita lakukan, doa khusuk wajib kita panjatkan, kesabaran yang tanpa batas wajib kita hamparkan, tawakkal yang iklas wajib kita yakinkan...Robbana Atina Fi Dzunya Hasanah Wa Fill Akhiroti Hasanah Wa Qina 'adzabannar.....Aaaamin.

hanumuslem mengatakan...

@ Indra : iya insya allah saya akan mampir..
@ Anonim : Lek Hasan terimakasih atas commentnya dan tambahanya. :D

Elizabeth Perrigin mengatakan...

Thank you for this post, I can relate to this all to well

hanumuslem mengatakan...

okey you're welcome

Ferdinand mengatakan...

Wah aku setuju Sob....bukan menyerah pasrah tapi bertawal karena udah berusaha.....Siip......

Unknown mengatakan...

thanks sob atas infonya, sangat bermanfaat sekali
jangan lupa kunjungi blog saya di ilmuagamaaa.blogspot.com

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
No Spam & No Porn